-->

Wiranto Akui Ujaran Kebencian Bisa Dijadikan Alat Politik Kekuasaan

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Menteri Koordinator Politik Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, di masa Pilkada dan Pilpres ujaran kebencian, propaganda politik serta kampanye hitam akan menjadi alat meraih kekuasaan.


"Selama itu, radikalisme dalam bentuk ujaran kebencian bercampur dengan propaganda politik dan kampanye hitam akan digunakan sebagai alat meraih kekuasaan," kata Wiranto dalam sambutannya di 6th Action Asia Peacebuilders' Forum, Jakarta Pusat, Senin, 16 Oktober 2017.

Menurut Wiranto, seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Pilkada dan Pilpres peningkatan suhu politik tak bisa dihindari. Sebab, kata dia, ada kontestasi dari para calon yang melakukan agenda-agenda politiknya untuk mencapai kemenangan. "Kemudian melakukan langkah-langkah yang diupayakan agar mereka lebih populis dari yang lain, agar mereka dipilih oleh rakyat," ucapnya.


Terbongkar, ini Alasan Rezim Jokowi Maksa Ingin Bubarkan HTI


Wiranto mengatakan, langkah-langkah para calon politik ini terkadang tak bisa dikontrol dengan baik. Hal ini, kata dia, bisa dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok radikal untuk membangun kebencian, kecurigaan, serta konflik antara satu dengan lainnya. "Ini mereka biasanya kan masuk di situ," katanya.

Pemerintah, kata Wiranto, akan memantau dan mengawal peningkatan suhu politik menjelang pemilu. Dia mengatakan pengawalan ini agar peningkatan suhu politik tidak keluar batas kewajaran. "Sehingga tidak menimbulkan keresahan, kekacauan, dan konflik di masyarakat. Itu yang terpenting," ucapnya.

HTI Memang Pantas Dibubarkan


Wiranto mengimbau kepada para calon yang mengikuti kontestasi politik berhati-hati agar tidak diboncengi oleh kelompok-kelompok yang ingin membangun kekacauan. Termasuk menjaga tidak memanfaatkan ujaran kebencian untuk menghantam lawan politik. "Pilkada dan pilpres adalah suatu proses demokrasi yang mulia karena kita memilih pemimpin-pemimpin ke depan, pemimpin lokal maupun pemimpin nasional," ujarnya.

Tempo/jossss


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close