-->

Secercah Kisah Haru di Balik 2 Juta Kg Beras ACT untuk Rohingya

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Secercah Kisah Haru di Balik 2 Juta Kg Beras ACT untuk Rohingya

Berita Islam 24H - Perjalanan 2 juta kg beras yang disalurkan ACT untuk pengungsi Rohingya ternyata menyimpan segudang cerita. Kapal yang menghantarkan bantuan itu rupanya tak hanya mengangkut bahan pangan saja, namun turut membawa bukti semangat kemanusiaan masyarakat Indonesia yang tak kenal batas.

Hal itulah yang disampaikan oleh Lukman Aziz Kurniawan, Maneger Komunikasi Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap kepada Kiblat.net. Dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, kapal yang dikirim ACT untuk Rohingya mulai membunyikan sirinenya pada pukul 10.30 WIB, Kamis pagi. Menandakan, kapal akan segera berlayar.

“Ada cerita menarik dibalik pelepasan #KapalKemanusiaan ini. Ada kisah haru penuh motivasi dari para petani, petugas penggiling padi, dan juga kuli-kuli pengangkut karung beras,” ungkap Lukman pada Sabtu (23/09).


Cerita-cerita itu tergambarkan di balik penuhnya muatan kapal kemanusiaan itu. Menurut penuturan Lukman, beras yang diangkut oleh kepal tersebut seluruhnya berasal dari tangan para petani Cepu, Bojonegoro dan sekitarnya.

Bahkan, ada petani yang baru memiliki gabah. Namun keinginannya untuk membantu Muslim Rohingya mendorongnya untuk turut meminjamkan alat penggiling padi miliknya. Agar bila tiba waktunya, gabah-gabah yang ia berikan itu dapat langsung diolah menjadi beras. Orang itu bernama Istiah, petani wanita yang kini berusia 55 tahun.

“Harapannya agar padi ini bisa segera menjadi beras dan Rohingya bisa tertolong,” ujarnya.

Hingga Selasa (19/09), beras sebanyak 80.000 karung berhasil terkumpul. Sebuah seremoni besar melepas kepergian puluhan kontainer menuju Surabaya dilakukan. Kini 2 juta kilogram beras itu sudah dilayarkan menuju Pelabuhan Chittagong Bangladesh.

“Mohon doa terbaik Sahabat, agar perjalanan #KapalKemanusiaan menuju Bangladesh dilancarkan-Nya. Ada harap senyum ceria merekah dari bibir-bibir manusia mulia Rohingya, kala sepuluh hari ke depan bantuan ini sampai di sana. Ini kapal kita, semangat kemanusiaan kita segera melayarkannya,” tukasnya. [beritaislam24h.info / kn]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close