-->

Kuburan Massal Ditemukan di Negara Bagian Tempat Pembantaian Rohingya

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Kuburan Massal Ditemukan di Negara Bagian Tempat Pembantaian Rohingya

Opini Bangsa - Kuburan massal ditemukan di sebuah desa di negara bagian Rakhine pada Senin (18/12). Wilayah ini diketahui sebagai salah satu lokasi terparah pembantaian etnis minoritas Muslim Rohingya di Myanmar.

Diberitakan Reuters, dalam akun Facebooknya panglima militer Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing mengatakan tentara menemukan kuburan massal itu di desa Inn Din, sekitar 30 km dari ibu kota Rakhine, Sittwe. Namun Hlaing tidak menyebutkan ada berapa jenazah yang ada di dalamnya.

Menurut dia, kuburan itu ditemukan berkat laporan warga yang tidak ingin disebut namanya. Dia mengatakan ada orang-orang yang dibunuh dan dikubur di tempat itu.

"Dalam penyelidikan, mayat-mayat yang tidak dikenal ditemukan di desa Inn Din dan penyelidikan mendalam telah dilakukan untuk mengungkap faktanya," kata Hlaing.


Desa itu terletak di wilayah Maungdaw, salah satu daerah terparah terjadinya konflik yang memakan banyak korban warga Rohingya. Kekerasan terhadap Rohingya terjadi sejak Agustus lalu, yang disebut PBB sebagai pembersihan etnis alias genosida.

Laporan pembunuhan, penjarahan, pembakaran rumah, dan perkosaan warga Rohingya oleh tentara dilaporkan banyak sumber kepada media.

Myanmar mengatakan korban tewas hanya berada di sekitaran angka 100 orang. Tapi laporan organisasi kemanusiaan Dokter Lintas Batas (MSF) mengatakan dalam bulan pertama konflik terjadi setidaknya 6.700 Rohingya tewas terbunuh.

Lebih dari 650 ribu warga Rohingya menempuh perjalanan berhari-hari untuk mengungsi ke Bangladesh. Walau kecaman internasional berdatangan, tapi pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi tetap bergeming.




Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close