-->

Fakta Bukan Opini, Ekspor ke China Naik Tinggi dari Ekspor ke AS

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen



Ekspor non migas Indonesia ke China menggeser porsi ekspor Indonesia ke Amerika Serikat (AS) selama Januari hingga September 2017. Hal tersebut lantaran kenaikan ekspor non migas ke China naik lebih tinggi dibandingkan kenaikan ekspor non migas ke Amerika Serikat (AS).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, selama Januari-September 2017, porsi ekspor non migas Indonesia ke China mencapai 13,02% dari total ekspor. Porsi itu meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang sebesar 10,18%.

Sementara itu, porsi ekspor non migas Indonesia ke AS Januari-September tahun ini menyusut menjadi 11,46%, dibanding periode yang sama pada tahun 2016 sebesar 12,15% dari total ekspor.

Suhariyanto mengatakan, baik ekspor nonmigas Indonesia ke China maupun ke AS secara nominal mengalami peningkatan. Namun, kenaikannya lebih besar ke China.

"Artinya (ekspor ke AS) naik tetapi lebih lambat dari kenaikan ekspor ke China. Karena itu angka share ke China naik dan ke AS turun," kata Suhariyanto, Senin (16/10).

Pihaknya mencatat, ekspor non migas ke China Januari-September 2017 sebesar US$ 14,57 miliar, naik 50% year on year (YoY). Sementara ekspor non migas Indonesia ke AS pada periode tersebut sebesar US$ 12,82 miliar, hanya naik 10,62% YoY.


kontan


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close