-->

Waspada! Ada Upaya Dari Para Keluarga PKI untuk Membuat Film Tandingan

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Waspada! Ada Upaya Dari Para Keluarga PKI untuk Membuat Film Tandingan

Berita Islam 24H - Para keluarga PKI, rupanya ingin membuat film tentang kejahatan era Orde Baru, yang melakukan pembantaian pada tahun 1965 lalu.

Pengamat politik, Salim Said mengatakan, ada upaya dari para keluarga PKI untuk membuat film tandingan, dari film Penghianatan G30 S PKI. Pembuatan film itu kata dia, untuk meluruskan sejarah bahwa PKI menjadi korban.

"PKI keluarga dan simpatisan PKI mareka mau luruskan sejarah, yang artinya mereka sebut sejarang sekarang salah," ujar Salim dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (23/9).

Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat dan berbagai pihak perlu berhati-hati apabila nantinya film tandingan yang dibuat PKI tersebut muncul. Pasalnya dalam demokrasi saat ini mereka bisa leluasa menggiring opini dan persepsi masyarakat lewat film.

"Maka harus hati-hati dengan film versi PKI ini. Karena ini bisa soal politik," katanya.

Film itu, ungkap Salim bahwa masyarakat nantinya akan disuguhkan bahwa PKI menjadi korban dari pemerintah dan militer, bagaimana adanya pembantaian dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

"Kalau nanti film PKI muncul lihat saja apa yang terjadi di masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, menyikapi rencana pemutaran kembali film Penumpasan Pengkhianatan G30 S PKI yang diproduksi pada 1984 silam, Presiden Joko Widodo mengusulkan film terkait peristiwa sejarah itu diperbarui agar lebih mudah dipahami generasi saat ini.

Film Penumpasan Pengkhianatan G30 S PKI dirilis pada 1984 silam itu disutradarai Arifin C Noer. Film itu disebut melibatkan lebih dari 10 ribu pemain dan figuran. Saat orde baru berkuasa, setiap malam 30 September, ada pemutaran serentak film G30 S PKI di layar televisi. Pascareformasi 1998 kewajiban pemutaran film itu dihentikan.‎ [beritaislam24h.info / jpc]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close