-->

Media Lakukan Freming Negatif Terhadap Bendera Tauhid

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Panji Rasululla/ Bendera Tauhid adalah bendera umat Islam 



FRAMING "BENDERA HTI" OLEH MEDIA

Oleh: Nitizen

Mediaoposisi.com- Ramai diberitakan media bahwa bendera Tauhid yang merupakan bendera umat islam di frem negatif oleh beberapa media mainstrem berikut bantahan tulisan Nitizen dalam menanggapi dimanika tersebut.

Beberapa hari ini, saya membaca di sebuah artikel tentang bendera HTI.

Judul berita di artikel tersebut yakni "Ada Bendera HTI di Aksi Massa Selamatkan Rohingya" sayangnya saya tidak bisa membuka lagi di link tersebut 

Bendera yang dimaksud adalah bendera yang berwarna hitam, dengan tulisan lafadz tauhid لا اله الا الله محمد رسول الله yang berwarna putih.

Masih di situs berita yang sama, kemarin ada lagi berita yang berjudul "Bendera HTI Ditemukan di Rumah Penghina Ibu Negara", namun sama dengan sebelumnya, saya tidak bisa mengakses link di berita tersebut. 

Di situs berita yang lain, tertulis "Polisi Amankan Atribut HTI di Rumah Penghina Iriana Jokowi", untuk artikel ini bisa di akses di sini

BUKAN BENDERA HTI

Saat saya belajar di Hizbut Tahrir, saya pun bertanya kepada para "senior" saya di Hizbut Tahrir, sebenarnya yang mana bendera Hizbut Tahrir, apakah yang berwarna putih atau yang berwarna hitam?

Dan dijelaskan bahwa baik bendera yang berwarna putih ataupun hitam, itu bukanlah bendera Hizbut Tahrir, melainkan bendera milik umat Islam. Bendera yang berwarna hitam dengan  lafadz tauhid لا اله الا الله محمد رسول الله disebut dengan Ar Royyah, sedangkan bendera yang berwarna putih yang juga ada lafadz tauhid لا اله الا الله محمد رسول الله disebut al liwa'.

Hal ini sejalan dengan apa yang pernah disampaikan oleh Ibnu ‘Abbas ra, yang berkata:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ –صلعم- كَانَتْ رَايَتُهُ سَوْدَاءَ وَلِوَاؤُهُ أَبْيَضَ

“Rayahnya (panji peperangan) Rasul saw berwarna hitam, sedangkan benderanya (liwa-nya) berwarna putih.” 
(HR at-Tirmidzi, Ibn Majjah, at-Thabrani)

Ibnu Abbas ra juga menyatakan:

«كَانَتْ رَايَةُ رَسُولِ اللَّهِ سَوْدَاءَ وَلِوَاؤُهُ أَبْيَضُ، مَكْتُوبٌ عَلَيْهِ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ»

“Panji (râyah) Rasulullah saw. berwarna hitam dan benderanya (liwâ’) berwarna putih; tertulis padanya: Lâ ilâha illalLâh Muhammad RasûlulLâh.” 
(HR ath-Thabrani)

Saat aksi peduli Rohingnya oleh umat Islam lalu, aksi pengibaran bendera al liwa' dan ar royyah pun di beberapa daerah sempat dilarang oleh aparat. Padahal sebelumnya dari pihak Kemendagri sendiri menyatakan tidak melarang pengibaran bendera tauhid, yang dilarang adalah bendera HTI. 

“Yang kami larang itu adalah bendera dengan simbol HTI, bukan bendera tauhid. Keduanya berbeda, kalau HTI ini mencantumkan tulisan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di bawah kalimat Laillahaillallah,” kata Soedarmo lewat pesan singkatnya pada Sabtu (22/2). [http://www.kemendagri.go.id/news/2017/07/22/kemendagri-tak-larang-bendera-tauhid-melainkan-bendera-hti]

Jadi, yang dilarang dikibarkan itu adalah bendera yang ada kalimat tauhid لا اله الا الله محمد رسول الله namun juga ada tulisan Hizbut Tahrir Indonesia di bawah lafadz tauhid tersebut. 

Hal ini memang sesuai dengan keterangan terkait lambang HTI yag terdapat di dalam AD/ART HTI BAB IX pasal 26 tentang lambang, yakni disebutkan : "Perkumpulan ini berlambang "bendera laa ilaha ilallah Muhammadur Rasulullah" di atas dasar warna hitam dan atau putih, dibawahnya bertuliskan "HIZBUT TAHRIR INDONESIA".

MENJAUHKAN UMAT DARI IDE KHILAFAH

Upaya menciptakan kesan negatif terhadap simbol Islam, khususnya terhadap al liwa' dan ar royyah, yang dikaitkan atau yang oleh media disebut sebagai bendera HTI atau atribut HTI, adalah agar umat menjauhi bendera tersebut. Umat kemudian tidak lagi mau mengibarkan al liwa' dan ar royyah. Sehingga ujung-ujungnya adalah juga menjauhi ide Khilafah. 

Padahal antara al Liwa dan ar Raya dengan syariah dan khilafah tidaklah dapat dipisahkan. Al Liwa dan ar Rayyah di masa lalu menjadi simbol keberadaan atau eksistensi khilafah dan persatuan umat.  

HTI sendiri memang sejak awal keberadaannya di negeri ini konsisten untuk selalu mengusung bendera al liwa' dan arrayah, tujuannya tidak lain agar umat Islam menjadi tahu bahwa ternyata umat Islam memiliki bendera tauhid, bendera pemersatu, yakni al liwa' dan ar rayyah.

Al Liwa dan ar Rayyah Bendera Umat Islam

Tidak hanya kemudian menjadikan umat Islam tahu, namun juga menjadi sadar dan faham, bahwa bendera inilah yang dulu menjadikan Islam mulia, Islam dan umatnya tidak dihinakan sebagaimana yang dilihat seperti sekarang ini.

Sehingga, jika ingin mulia seperti dulu, hidup mulia dibawah naungan Islam, maka bendera al liwa' dan ar rayyah harusnya lah tegak berkibar dimuka bumi.

Allahu Akbar!

Begitulah tulisan nitizen yang gerah atas pemberitaan media yang salah kaprah dan selalu menyudutkan umat islam. Senantiasa memfreming negatif dikaitkan dengan kesalahan lalu dibuat pemberitaaan serta propaganda untuk menyudutkan umat islam. [MO]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close