-->

Malaysia Ingin Beri Penampungan Lebih Banyak bagi Muslim Rohingya

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Malaysia Ingin Beri Penampungan Lebih Banyak bagi Muslim Rohingya

Berita Islam 24H - Malaysia berkeinginan memberikan penampungan sementara bagi etnis Muslim Rohingya yang tertindas, demikian disampaikan Zulkifli Abu Bakar, Direktur Jenderal Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA), pada Jumat seperti yang dilaporkan Daily Sabah.

Dalam pernyataannya hari Jumat, Zulkifli Abu Bakar menegaskan bahwa penjaga pantai Malaysia tidak akan mengabaikan warga Rohingya.

Malaysia, berjarak ratusan kilometer dari Laut Andaman, kemungkinan akan menemukan lebih banyak kapal berisi pengungsi dari Myanmar dalam beberapa minggu dan bulan ke depan karena berlanjutnya kekerasan, kata Zulkifli Abu Bakar, dikutip Reuters.

Sebelum ini, Negara Jiiran itu telah menampung lebih dari 100.000 pengungsi Rohingya.

“Kami seharusnya menyediakan kebutuhan dasar bagi mereka untuk melanjutkan perjalanan mereka dan mendorong mereka menjauh. Tetapi akhirnya, karena alasan kemanusiaan, kami tidak akan dapat melakukan itu,” Zulkifli mengatakan pada Reuters, menambahkan bahwa belum terlihat gelombang pengungsi baru menuju negara itu.

Malaysia, negara bermayoritas Muslim, kemungkinan besar akan menempatkan sementara para pengungsi Rohingya di pusat penahanan imigrasi, di mana warga asing tanpa dokumen biasanya ditahan, katanya.

Thailand juga telah mengatakan sedang bersiap untuk menerima orang-orang yang menghindari penindasan di Myanmar.

Terdapat sekitar 59.000 pengungsi Rohingya yang terdaftar dengan Badan Urusan Pengungsi di Perserikatan Bangsa – Bangsa (UNHCR) di Malaysia meskipun angka tidak resminya hampir dua kali lipat dari jumlah itu.

Pada tahun 2015, kuburan masal banyak ditemukan di kamp-kamp hutan di perbatasan antara Thailand dan Malaysia yang diperkirakan merupakan etnis Rohingya yang menjadi korban perdagangan manusia.

‘Operasi pembersihan’ militer Myanmar pada tanggal 25 Agustus 2017 menyebabkan lebih dari 1000 korban tewas, kata PBB. Namun sumber lain menyebutkan, korban sudah mencapai 2000 orang, memicu eksodus lebih dari 160.000 orang menuju Bangladesh. [beritaislam24h.info / htl]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close