-->

Belum Usir Dubes Myanmar, Muslim Ayub: Apakah Presiden Masih Punya Hati Nurani?

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Belum Usir Dubes Myanmar, Muslim Ayub: Apakah Presiden Masih Punya Hati Nurani?

Berita Islam 24H - Desakan agar duta besar Myanmar di Indonesia yang ada masih bercokol di Menteng, Jakarta Pusat agar diusir semakin kencang.

Pasalnya untuk kesekian kali militer dan para biksu radikal di negara yang bersebelahan dengan Bangladesh itu, melakukan pembantaian secara sadis serta sporadis. Akibatnya banyaknya mayat kaum muslimin dewasa hingga anak-anak dengan kondisi mengenaskan bergelimpangan serta puluhan ribu terpaksa mengungsi.

Anggota Komisi III DPR RI, Muslim Ayub menegaskan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sudah seharusnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil sikap mengusir duta besar negara pembantai tersebut. Bukan malah ambivalen atau mendua dalam masalah serius ini.

"Presiden Jokowi seharusnya mengusir duta besar Myanmar agar segera keluar dari negara ini, jangan mempertontonkan sikap ambivalen," ujar Muslim kepada Harian Terbit di Jakarta, Senin (4/9/2017).

Menurut politisi asal Aceh ini, apa yang dilakukan Myanmar sangat melecehkan hukum dan tatanan dunia internasional. Sehingga butuh upaya nyata serius yang tidak hanya sekadara retorika.

"Kalau hanya bantuan kemanusiaan, sudah sejak tahun lalu Indonesia baik itu pemerintah dan organisasi masyarakat sudah sering memberi bantuan. Hal yang dibutuhkan sekarang adalah sikap tegas presiden mengusir duta besar," ungkapnya.

Anggota DPR asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, hal ini bukan saja persoalan presiden harus peka terhadap aspirasi mayoritas rakyat Indonesia.

"Tapi ini juga adalah persoalan hati nurani, apakah presiden masih punya hati nurani? Di mana hati nurani pak presiden melihat kenyataan pembantaian yang telah berulang kali ini," kritik Muslim.

Selain itu menurut Muslim, menarik dubes Indonesia dari Myanmar perlu segera dilakukan.

"Contohlah kebijakan yang sudah dilakukan oleh Turki dan Malaysia. Tidak cukup memgirimkan Menlu ke Myanmar, atau Jokowi takut dengan keberadaan Cina dibalik kekuatan Myanmar," ujar Muslim disampaikan melalui komunikasi langsung dari Mekkah Almukaromah.

Sebelum menutup komunikasi, Muslim meminta Presiden Jokowi agar mencontoh Pak Anies Baswedan.

"Jokowi seharusnya mengambil contoh pak Anis Baswedan yang tegas, berani membuat pernyataan walaupun beliau bukan presiden atau gubernur yang blm dilantik," pungkasnya.

Seperti diketahui, puluhan ribu pengungsi Rohingya lari menyelamatkan diri dari pembantaian. Bangladesh, Malaysia, Indonesia terutama di Aceh pelarian asal Myanmar tersebut kini ditampung.

Pada tahun 2016 lalu, pembantaian yang telah terjadi, militer dan biksu Myanmar membakar 1.200 rumah hingga rata dengan tanah di beberapa kampung tempat tinggal umat Islam Rohingya di Myanmar.

Hal tersebut diungkapkan lembaga internasional, Human Rights Watch, yang juga mengeluarkan sejumlah foto satelit yang memperlihatkan sekitar 820 struktur dihancurkan antara 10 hingga 18 November.

Agustus tahun ini, dari informasi awal sebanayak ratusan kaum muslim Rohingya tewas dibantai militer Myanmar. [beritaislam24h.info / htc]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close