-->

KTP-el Palsu Beredar di Sukabumi

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

KTP-el Palsu Beredar di Sukabumi

Berita Islam 24H - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi, Jawa Barat, menemukan adanya KTP elektronik palsu yang diduga beredar di masyarakat.

"Salah tempat ditemukannya KTP-e palsu tersebut, yakni di Rumah Sakit Al-Mulk, Palabuhan II, Kecamatan Lembursitu," kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan di Sukabumi, Selasa.

Temuan ini didapat setelah petugas RS Al-Mulk memeriksa chip di KTP-e dengan menggunakan operator alat baca kartu. Ternyata kartunya tidak terbaca oleh alat pembaca tersebut.

Petugas dari RS milik Pemkot Sukabumi itu langsung berkoordinasi. Dan setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata KTP-e tersebut palsu.

Karena itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengungkap jaringan pembuatan KTP-e palsu. Sekilas KTP palsu itu tidak ada bedanya dengan yang asli. Namun, yang membedakan yakni tidak adanya chip.

"Dugaan kami, KTP-e palsu tersebut dibuat oknum tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk mempermudah mendapatkan fasilitas pelayanan gratis dari pemerintah salah satunya rumah sakit," katanya.

Iskandar tidak menutup kemungkinan jumlah KTP-e palsu yang beredar di masyarakat cukup banyak. Karena itu, pihaknya juga akan menggelar menggelar operasi yustisi untuk mencegah semakin meluasnya KTP-e palsu tersebut.

Selain itu, pihaknya menyediakan alat baca chip KTP-e di sejumlah tempat seperti di RS Al-Mulk dan kantor Disdukcapil Kota Sukabumi untuk mengantisipasi adanya oknum yang menggunakan KTP-e palsu. Pemkot juga mengimbau kepada warga agar dalam pembuatan administrasi kependudukan baik KTP, kartu keluarga, akta kelahiran dan lain-lain tidak menggunakan jasa calo. "Alangkah baiknya datang langsung ke kantor Disdukcapil Kota Sukabumi," katanya. [beritaislam24h.info / rci]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close