-->

4 Kapal Perang India Singgahi Tanjung Priok

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

4 Kapal Perang India Singgahi Tanjung Priok

Berita Islam 24H - Bukti kedekatan Indonesia-India di sektor keamanan maritim bisa dilihat dengan rutinnya kunjungan kapal India ke Indonesia. Pada 18-22 Oktober lalu, empat kapal perang India ber­labuh di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Kali ini yang berkunjung ada­lah INSTir, INSSujata, ICGS Sarathi dan INS Sudarshini. Dalam kunjungan lima hari ini para personel kapal melaku­kan latihan bersama Angkatan Laut Indonesia. Mereka juga melakukan kegiatan pertand­ingan persahabatan, pertukaran pengalaman dan pengetahuan hingga melakukan tur kapal.

"Kunjungan kami merupa­kan upaya untuk memperkuat kerja sama kedua negara. Kami datang untuk berkolab­orasi dengan Angkatan Laut Indonesia dalam melakukan pengawasan, kontrol per­batasan, dan keamanan mar­itim untuk menjaga stabilitas di kawasan," papar Koman­dan India Navy Southern Na­val Command, ARKarve, saat menerima awak media di INSTir, Jumat petang (20/10).

"Tugas kami khusus men­gatasi ancaman perompakan dan illegal fishing. Kami den­gar masalah illegal fishing juga menjadi masalah di In­donesia. Kami siap bertukar ilmu," ujar Karve.

Sedangkan Duta Besar India untuk Indonesia Kumar Rawat mengatakan, kunjungan kapal AL India ke Indonesia juga menandai kentalnya hubungan diplomasi, kemaritiman, dan pemerintahan kedua negara yang telah terjalin sejak lama.

"Kedatangan kapal ini mer­upakan sebuah ajang untuk saling memahami satu sama lain, bukan hanya soal mili­ter namun tentang hubungan antara masyarakat kedua negara,"jelas Dubes Rawat.

"Kunjungan dan pertemuan ini dapat menjadi ajang pertu­karan pengalaman serta nilai-nilai positif lain bagi perwira dan personel AL kedua negara. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk men­ingkatkan kepercayaan kedua AL," kata Komandan Sekolah Staf dan Komando AL, Lak­samana Muda Arusukmono Indra Sucahyo. [beritaislam24h.info / rmol]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close