-->

Genosida Rohingya Berlanjut, Pasokan Senjata Israel ke Myanmar Tak Surut

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Genosida Rohingya Berlanjut, Pasokan Senjata Israel ke Myanmar Tak Surut

Berita Islam 24H - Israel terus menjual senjata ke Myanmar di tengah arus pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari tindak kekerasan militer di negara bagian Rakhine.

Menurut kelompok HAM dan pejabat Myanmar, senjata yang dijual ke Myanmar mencakup lebih dari 100 tank, senjata dan kapal yang digunakan untuk mengamankan perbatasan negara tersebut.

Perusahaan senjata Israel seperti Tar Ideal juga telah terlibat dalam pelatihan pasukan khusus Myanmar yang saat ini berada di negara bagian Rakhine, pusat kekerasan terjadi.

Gambar yang sebelumnya diposting di situs web perusahaan senjata menunjukkan stafnya memberi instruksi kepada anggota pasukan khusus Myanmar dalam hal taktik tempur dan bagaimana menggunakan senjata khusus.

Pada bulan Januari, sebuah petisi yang diluncurkan oleh para aktivis mendesak pemerintah Israel untuk menghentikan ekspor senjata ke Myanmar.

Eitay Mack, pengacara yang mengajukan petisi tersebut, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa Israel mengklaim tidak memiliki atas ekspor senjata setelah dikirim ke luar negeri.

“Israel tidak memiliki kendali atas apa yang terjadi dengan senjatanya setelah mengirimkan senjata ke Burma,” kata Mack, seorang pengacara hak asasi manusia Israel yang berbasis di Tel Aviv.

“Tapi dari situs Tar Ideal, kami tahu bahwa mereka mempersenjatai dan melatih pasukan khusus Burma yang beroperasi di negara bagian Rakhine saat ini,” imbuhnya.

Setelah petisi diajukan, Kementerian Pertahanan Israel pada bulan Maret mengatakan bahwa penjualan senjata ke Myanmar adalah sebuah urusan diplomatik.

Israel telah memiliki hubungan yang kuat dengan Myanmar dan mempertahankan hubungan dagang selama ini. Hubungan ini ada sebelum junta militer mengundurkan diri.

Ofer Neiman, seorang aktivis hak asasi manusia Israel, mengatakan bahwa hubungan Israel dengan Myanmar terkait dengan pendudukan wilayah Palestina yang sedang berlangsung di Tepi Barat.

“Berturut-turut pemerintah Israel telah menjual senjata ke kediktatoran militer di Burma selama bertahun-tahun,” kata Neiman kepada MEE.

“Kebijakan ini sangat terkait dengan penindasan dan pencabutan orang-orang Palestina oleh Israel. Senjata yang digunakan untuk melawan orang-orang Palestina dijual sebagai ‘uji coba lapangan’ ke beberapa rezim terburuk di planet ini,” jelasnya.

Kepala militer Myanmar pada hari Jum’at membenarkan penjualan senjata itu, dan menyebutnya sebagai “bisnis yang belum selesai” sejak Perang Dunia Kedua.

AStaf Tar Ideal memberi instruksi kepada anggota pasukan khusus Myanmar dalam hal taktik tempur dan bagaimana menggunakan senjata khusus.

Penjualan Senjata Bentuk Dukungan Genosida Rohingya

Penny Green, seorang akademisi yang telah mendokumentasikan dugaan kejahatan perang yang dilakukan terhadap warga Rohingya, mengatakan kepada MEE bahwa pemerintah Israel telah memberikan dukungan mereka terhadap genosida saat ini.

“Tidak mengherankan bahwa eskalasi terbaru dalam genosida Rohingya di Myanmar belum memindahkan negara Israel untuk menghentikan pasokan senjata ke militer Myanmar,” kata Green, direktur Inisiatif Kejahatan Internasional di Queen Mary University, London.

“Rekaman kekerasan dan terornya terhadap rakyat Palestina di Gaza cukup jelas sehingga pemerintah Israel tidak terpengaruh oleh masalah etika dan hak asasi manusia.

Lebih dari 60.000 pengungsi Rohingya telah meninggalkan rumah mereka untuk mencari perlindungan di Bangladesh karena kekerasan meningkat di negara bagian Rakhine. Gambar satelit menunjukkan puluhan desa Rohingya terbakar habis oleh tentara Myanmar. [beritaislam24h.info / kn]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close