-->

Pakar Komunikasi Politik Usulkan: Wapres RI ada 9, Siapa Saja 9 Cawapres Jokowi 2019?

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen


KabarViral - Sindiran keras dilontarkan pakar komunikasi politik Eliya, menyikapi konstelasi politik di internal parpol-parpol pendukung Joko Widodo jelang Pilpres 2019. Eliya mengusulkan agar disediakan sembilan kursi Wakil Presiden RI.

Eliya beralasan, dengan sembilan wapres, Jokowi bisa mengakomodasi seluruh kandidat dari partai pendukung. “Kalau boleh usul, gimana kalau wapres di negara ini bisa sebanyak 9 orang. Agar Jokowi bisa akomodasi seluruh kandidat dari partai pendukung,” sindir Eliya di akun Twitter @eliya_mkom.

Mungkinkah dari sisi aturan hukum? “Secara kelaziman yah gak masuk, secara proses ya susah, harus ubah peraturan dulu, yang bisa jadi nanti di JR di MK. Atau rubah UUD susahhhhhh,” tulis @eliya_mkom.

Lalu, siapa saja sembilan Wapres Jokowi dari masing-masing parpol pendukung? Puan Maharani (PDIP), Luhut Panjaitan (Golkar), Oesman Sapta Odang (Hanura), Surya Paloh (Nasdem), Muhaimin Iskandar (PKB), Romahurmuzzy (PPP), PKPI (AM Hendropriyono), Basuki Tjahaja Purnama (PSI), dan Hary Tanoesoedibjo (Perindo).

“Kandidat Cawapres Jokowi di 2019, PDIP-Puan, Golkar-LBP, Hanura-OSO, Nasdem-SP, PKB-Cakimin, PPP-Romi, PKPI-MHP, PSI-Ahok, PERINDO-HT,” tulis @eliya_mkom.

Menurut Eliya, dari sembilan kandidat cawapres, secara realita, hanya ada tiga nama calon kuat. Yakni, Surya Paloh, Luhut Panjaitan dan AM Hendropriyono. “Dari 9 kandidat dari partai ini, akan mengerucut pada 3 nama, SP,LBP, MHP, dari senioritas dan bargaining power. Kita liatin aja yuk,” tulis @eliya_mkom.

Mengapa nama Puan Maharani tidak masuk? Menurut Eliya, putri Megawati Soekarnoputri bukan pilihan tepat untuk bersanding dengan Jokowi.

“Tak punya track record, leadership juga tak begitu menonjol, semakin rendah tingkat keterpilihannya jika berpasangan dengan puan. Jika demi kepentingan partainya, tentu Jokowi harus mendahulukan Puan duduki kursi cawapres, bagaimana elektabilitas keterpilihannya. Ancuuuurr! Belum kecemburuan partai lain yang melihat ketidakcakapan dan mengecilkan peluang utk menang, Puan bukan pilihan yang tepat bersanding dengan Jokowi,” tulis @eliya_mkom.

-kabarviral/intelijen

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close