-->

Dapat Menularkan Virus, Bibit Wortel Ilegal dari China Bisa Ancam Tanaman Lain

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Dapat Menularkan Virus, Bibit Wortel Ilegal dari China Bisa Ancam Tanaman Lain

Berita Islam 24H - Munculnya bibit wortel ilegal dari China yang ditanam di Desa Batur Kabupaten Banjarnegara mengancam tanaman lain di sekitarnya. Tanaman tersebut dikhawatirkan dapat menularkan virus atau hama baru ke tanaman lain.

"Justru kekhawatiran dari Dinas Pertanian dan Perikanan bukan bahaya atas konsumsi wortelnya, tetapi ancaman terhadap tanaman lain yang ada di sekitarnya. Apalagi kasus seperti ini dulu pernah terjadi sekitar tahun 2000-an yang membuat produksi kentang di Dieng turun," ujar Kepala Bidang Holtikultura pada Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara Setya Adi Prabayuwana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/8/2017).

Hal ini mengingat bibit ilegal dari China ini tidak melalui proses karantina terlebih dahulu. Sehingga, dikhawatirkan akan menularkan virus atau hama baru yang belum ada musuh alaminya.

Adi menjelaskan kekhawatiran terhadap bibit ilegal ini karena belum ada jaminan jika tanaman bebas virus atau hama. Mestinya, sesuai aturan untuk bibit yang masuk Indonesia harus melalui karantina terlebih dahulu.

"Selama proses karantina nantinya akan ketahuan apakah jenis tanaman tersebut aman untuk ditanam atau tidak. Tetapi kalau ilegal kan belum terdeteksi," terangnya.

Disebutkan Adi, virus atau hama bisa menular ke tanaman lain melalui tanah maupun tanaman itu sendiri. Sedangkan proses penularannya juga bisa melalui angin atau serangga. Mestinya, virus atau hama sudah memiliki musuh alaminya masing-masing sehingga tidak sampai mematikan tanaman.

Keberadaan tanaman wortel dari bibit ilegal asal China di Banjarnegara kini telah diselidiki polisi. Polres Banjarnegara melarang petani memanen wortel-wortelnya hingga ada hasil uji lab oleh Bareskrim Polri. [beritaislam24h.info / dtk]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close