-->

Film G 30 S PKI Wajib Ditonton Jajaran TNI dan Keluarga Besar

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Film G 30 S PKI Wajib Ditonton Jajaran TNI dan Keluarga Besar

Berita Islam 24H - Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (PUSPEN TNI) Brigadir Jenderal Wuryanto mengatakan film Pengkhianatan G 30S PKI akan diputar di satuan-satuan TNI. Pemutaran film ini terbuka untuk masyarakat yang ingin ikut menonton. "Banyak sekali masyarakat yang minta," ujar Wuryanto saat dihubungi Tempo, Senin, 18 September 2017.

Masyarakat bahkan dipersilakan mendapatkan cakram padat berisi film asli yang disutradarai Arifin C. Noor itu dari kesatuan-kesatuan TNI. “Satuan-satuan TNI sudah menyiapkannya,” kata dia.

TNI menggelar pemutaran kembali film Pengkhianatan G 30S PKI. TNI AD menginstruksikan seluruh prajurit TNI menonton film itu. Baik prajurit TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AD). TNI juga mengajak masyarakat bersama-sama menonton film itu. "Termasuk keluarga besar TNI." Namun, kata Wuryanto, TNI belum menentukan lokasi pemutarannya.

Target pemutaran film ini adalah prajurit muda TNI. Menurut dia, generasi muda TNI seperti masyarakat harus mengetahui sejarah bangsa. Anak-anak yang waktu itu masih di taman kanak-kanak, saat ini sudah kuliah, yang SMP dulu sekarang menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi, sama sekali tidak dibekali dengan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya. “Tidak tahu sejarah kebangsaan yang sesungguhnya."

Keinginan TNI untuk memutar kembali film ini, kata Wuryanto, disambut baik oleh elemen masyarakat seperti tokoh masyarakat, alim ulama, serta tokoh agama . Menurut dia kesempatan ini baik untuk melihat sejarah, mumpung pelaku sejarah masih hidup dan bisa menceritakan situasi pada tahun 1965. "Kesempatan inilah untuk mereka berbicara."

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai film Pengkhianatan G 30S PKI tidak cocok untuk situasi saat ini yang terbuka. Ketua Bidang Kebudayaan dan Hubungan antar-Umat Beragama PBNU Imam Aziz mengatakan film itu mungkin hanya efektif pada zaman Orde Baru yang serba tertutup.

"Kalau diputar sekarang, mungkin banyak yang akan tertawa terbahak-bahak." Imam menyampaikannya melalui pesan teks kepada Tempo, Ahad, 17 September 2017 sehubungan dengan rencana TNI Angkatan Darat untuk memobilisasi masyarakat menonton kembali film Pengkhianatan G 30S PKI. [beritaislam24h.info / tmp]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close