-->

Benda Misterius Jatuh dari Langit Maninjau, Ini Penjelasan Lapan

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen

Benda Misterius Jatuh dari Langit Maninjau, Ini Penjelasan Lapan

Opini Bangsa - Sebuah benda misterius jatuh dari langit di Maninjau, Agam, Sumatera Barat. Warga pun sempat dihebohkan dengan benda tersebut. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut benda tersebut bagian dari roket dan merupakan sampah antariksa.

"Tanggal 18 Juli saya dapat laporan. Kemudian saya memeriksa data sampah antariksa. Memang pada waktu itu ada sampah antariksa yang melintasi Agam," ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Kamis (20/7/2017).

Thomas menjelaskan, benda tersebut merupakan bagian dari roket milik China dengan nomor CZ-3A. Roket tersebut digunakan untuk meluncurkan satelit navigasi Beidoi M1 pada 13 April 2007. Bagian roket yang jatuh itu merupakan bagian dari tangki bahan bakar.

"Ketinggian awalnya, ini orbitnya elips. Ketinggiannya mencapai 22 ribu km dan orbit terendahnya 200 km. Karena hambatan atmosfer selama orbitnya tersebut, makin lama orbitnya makin rendah. Saat memasuki atmosfer dari ketinggian 120 km, objek tidak bisa melanjutkan orbit dan jatuh," jelas Thomas.

Lalu, berapa kira-kira berat dari bagian roket yang jatuh di Maninjau tersebut?

"Bentuk awalnya itu dari pemantulan radar sebelum jatuh, diameternya 3 meter, kemudian ketinggian 5 meter. Saat memasuki atmosfer ketinggian 100 km hancur berkeping-keping. Sewaktu jatuh itu diperkirakan berat benda sekitar 7 kilogram," kata Thomas. [opinibangsa.id / dtk]


Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close