-->

Astaghfirullah... Beralasan Cegah Bentrokan, Djarot Larang Takbir Keliling

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat
Advertisemen
Umatuna.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengimbau masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta, untuk tidak menggelar takbiran keliling pada malam sebelum Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Imbauan tersebut juga diperkuat dengan pernyataan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan yang melarang masyarakat berkeliaran saat malam Lebaran.

"Tapi saya harapkan takbir keliling itu dilakukan di tempat masing-masing, di masjid, di musala, di kantor-kantor pemerintah, silakan," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Selasa, 20 Juni 2017.

 Adapun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ujar Djarot, akan menggelar acara takbiran akbar pada 24 Juni 2017 dan acara festival beduk pada 16-24 Juni 2017. Festival ini dimulai di tingkat kecamatan. Pemenang dari masing-masing kecamatan akan diikutsertakan dalam lomba di tingkat kota, yang akan dilaksanakan pada 21 Juni 2017.

Tiap pemenang yang mewakili kota administrasi akan diadu kembali di Balai Kota DKI pada 24 Juni 2017 atau malam takbiran. Festival tersebut diadakan sekaligus untuk menyambut Idul Fitri dan merayakan hari ulang tahun ke-490 Jakarta.

Selain itu, Djarot menuturkan festival tersebut sekaligus sebagai antisipasi takbiran keliling yang berpotensi kecelakaan dan gesekan antar-kelompok, seperti berjalan-jalan dengan mobil terbuka atau menyalakan petasan. Djarot tidak menginginkan kejadian seperti sahur on the road berdarah kembali terulang menjelang Lebaran.

"Ingat besoknya itu adalah Hari Raya Idul Fitri, hari kemenangan bagi kita semua yg menjalankan ibadah puasa dan ibadah puasanya diterima oleh Allah SWT," ujar Djarot. (tempo)

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
close